Pandangan Politik (2) Ustad Sambo Sebagai Calon Presiden RI 2014

8 Apr 2013

Saudara-saudara sebangsa & setanah air.
Banyak di kalangan masyarakat indonesia ini, yang sudah apatis & merasa putus asa terhadap kondisi politik & pemerintahan negara kita ini. Mereka beranggapan bahwa perubahan kepemimpinan negeri ini tidak banyak berpengaruh ke dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Walaupun presiden silih berganti tetapi mereka tidak merasakan adanya perubahan dalam kehidupan mereka, malah yang parahnya mereka beranggapan bahwa ada & tidak ada pemerintah sama saja bagi mereka, toh mereka tetap bisa menjalani kehidupan mereka seperti biasanya .

Yang miskin tetap miskin, yang menderita tetap menderita, yang kaya tetap kaya, dan yang menengah tetap menengah, mereka tetap bisa hidup walaupun pemerintah tidak banyak memperhatikan & mempedulikan mereka.

Mereka sudah terbiasa hidup dalam kesulitan, mereka tetap bisa hidup walau harga barang-barang kebutuhan sehari-hari tinggi, mereka tetap bisa bisa pergi ketempat kerja & ke tempat-tempat lainnya walau transportasi macet, berdesak-desakan & jalan banyak yang rusak, mereka tetap bisa hidup walau makan seadanya, tetap bisa tidur walau rumah mereka bocor dan hampir rubuh, anak-anak mereka tetap bisa sekolah walau sekolahnya jauh dengan berjalan kaki tanpa transportasi walau kadang melewati jalan-jalan sulit & berbahaya bagi anak-anak.

Di bidang pelayanan birokrasi mereka sudah terbiasa dengan rantai birokrasi yang panjang & berbelit, juga sudah terbiasa harus membayar lebih agar urusan lancar. Dibidang hukum mereka sudah terbiasa & memaklumi melihat hukum yang hanya berpihak kepada yang kuat. Sudah banyak pejabat pemerintah yang berganti, sudah banyak tokoh-tokoh politik yang berkuasa tapi tetap saja yang dirasakan masyarakat, tidak ada perubahan. Kehidupan mereka tetap saja seperti sebelumnya.

Inilah yang akhirnya membuat membuat rakyat menjadi apatis dengan kondisi politik negeri ini dan tak begitu peduli pergantian kepemimpinan dalam pemerintahan negera ini. Bagi mereka, siapa pun yang memimpin negeri ini sama saja, toh hidup mereka tidak berubah masih seperti sebelumnya, perubahan hanya sekedar pergantian rezim penguasa saja tetapi nasib & kondisi rakyat tak juga berubah ke arah yang lebih baik.

Kalaulah kondisi ini terus berlangsung dimana sebagian besar rakyat sudah tidak mau lagi peduli terhadap kondisi negeri ini dan tetap apatis terhadap kondisi perpolitikan dan pemerintahan negeri ini, maka akhirnya negeri ini tidak akan pernah berubah menjadi lebih baik. Akhirnya negeri ini hanya manjadi ajang perebutan kekuasan antar para elit politik saja. Akhirnya para penguasa & orang-orang yang dekat dengan penguasa akan semakin kaya akan tetapi rakyat miskin akan tetap miskin & menderita.

Seandainya kondisi ini berjalan terus maka akan sangat berbahaya bagi bangsa ini, apa bila rakyat sudah tak percaya lagi kepada pemerintah negeri ini & pada titik nanti penderitaan sudah tdk tertahankan lagi, maka emosi rakyat sangat mudah tersulut shingga kondisi ini akan sngat mudah utk memicu terjadinya kerusuhan & kekacauan.

Jika kondisi ini tidak segera diperbaiki oleh semua elemen bangsa ini, maka kehancuran bangsa ini tinggal menunggu waktu saja, mudah-mudahan hal-hal yang kita takutkan ini tidak terjadi.

Oleh karenanya, saudara-saudara sebangsa & setanah air, marilah kita sadar segera mengambil peran dalam perbaikan bangsa kita ini. Perbaikan ekonomi, hukum, birokrasi, pendidikan & kebudayaan dan bidang-bidang lain di negeri sangat ditentukan oleh kondisi politik negeri ini. Jika politik & para politisi negeri ini baik maka akan mudah memperbaiki semua bidang-bidang kehidupan bangsa, tapi jika politik & para politisinya buruk maka akan sulit (bahkan hampir mustahil) untuk memperbaiki bidang-bidang yang lain.

Saudara-saudara sebangsa & setanah air, para cerdik cendikia, kaum terpelajar. & intelektual, para ulama, pemuka agama & orang-orang sholeh negeri ini yang berhati bersih & jujur, yang berjiwa amanah & peduli kepada nasib rakyat kecil & orang-orang lemah yang menderita, marilah kita berperan serta mengambil bagian dalam memperbaiki politik negeri ini dengan segala kemampuan yang kita punya, jangan lagi ragu & takut untuk terjun secara langsung ataupun tak langsung, saling bahu membahu untuk memperbaiki politik negeri ini.

Janganlah takut dicela ataupun takut terjerumus, insya Allah jika niat kita ikhlas untuk memperbaiki negeri ini & ikhlas utk menolong orang-orang kecil, lemah & menderita, serta selalu berpegang pada nilai-nilai kebenaran & keadilan maka pasti Allah akan menolong kita.

Jika semua orang-orang baik, jujur & amanah di negeri ini menjadi penyelenggara pemerintahan negeri ini, Insya Allah negeri Indonesia ini akan menjadi negeri yang aman, damai, sejahtera, adil & makmur sesuai dengan harapan kita bersama, amiin.


TAGS Pandangan Politik


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post